Gak Sekedar Walimatul Ursy

Setiap kali menghadiri undangan walimatul ursy ikhwah selalu saja ada yang terasa kurang sreg, mulai dari riasan pengantin akhwatnya yang kemenoran, bulu mata palsu, jilbab yang di lilit-lilit sehingga bentuk leher menjadi sangat terlihat, gaun pengantin akhwat yang ngebodi, tidak adanya hijab pemisah untuk tamu laki-laki dan perempuan, bahkan sampai acara cium kening di depan umum ternyata ada juga di walimatul ursy-nya ikhwah. Bukan sekedar cerita teman, kebetulan 20 tahun lebih orang tua memiliki usaha wedding membuat diri harus berfikir kok bisa begitu ya...!?
 
Menikah dan pesta pernikahan ternyata menjadi alat evaluasi idealisme kita dan dakwah kita di keluarga. Banyak ikhwah tak berdaya ketika idealismenya tentang pernikahan syar'i harus berhadapan oleh keinginan orang tua atau keluarga. Sehingga satu persatu list konsep pernikahan syar'i yang sempat di impi-impikan tereleminasi, bahkan hilang sama sekali tak berbekas. Dari pengalaman beberapa faktor yang menyebabkan hal demikian yakni: 
 
1. Dakwah keluarga yang terlupakan, selama ini konsep pernikahan syar'i hanya ada di benak kita tapi tidak tersampaikan pada keluarga, pada saat waktu tiba kita menjadi kesulitan untuk menyampaikan idealisme kita.

2. Ketidakmandirian, jika ingin pesta pernikahan kita sesuai dengan mimpi kita hendaknya kita mandiri dalam hal pembiayaan. Sayangnya banyak ikhwah yang hanya bermodal semangat tapi tidak siap dari sisi pembiayaan, sehingga mulai dari mahar, biaya pernikahan sampai seserahan semuanya terbebani orang tua, kalau seperti ini tidak mungkin kita bisa mandiri. 
 
3. Salah memilih jasa weding service, yang satu ini memang gak gampang nyarinya... pengalaman beberapa tahun terakhir dengan adanya web ini jadi tahu ternyata banyak yang ngeluh susah nyari wedding service islami, mulai dari jakarta, bandung, semarang, dll. Lala Salon sendiri sebenarnya tidak mengkhususkan untuk melayani pernikahan islami, karena memang lala salon sudah 24 tahun yang lalu, kebetulan pemiliknya kuat dengan sibghah tarbiyah yang tidak lain ya dari saya sendiri anaknya (he..3x) makanya setiap ada ikhwah yang minta begini-begitu nyambung aja dan nerima aja. 
 
Untuk yang ini banyak cerita seru nih, ada akhwat yang sudah jalan kesana-kemari nyari wedding service, lengkap memang tapi ga nyambung2 kalau di ajak ngomong tentang hijab, waduh... pasti susah deh... pati nanya begini kok dua sih prasmanannya, lho kok pengantennya di pisah... baru nikah kok udah dipisah, de el el cerita lainnya.
 
Beda dengan lala salon, alhamdulillah orang tua sebagai pemilik sudah kena sibghah tarbiyah, jadi ada ikhwah yang mau di hijab alhamdulillah lancar, bahkan ada yang minta di hijab full lancar-lancar aja ga ada masalah, kebetulan yang oder temen-temen yang biasa bercadar. 
 
Jadi ingat waktu nikah dulu, bayangin deh... biasanya dapat cerita temen banyak akhwat yang sulit nolak keinginan orang tuanya untuk di rias begini-begitu karena dari periasnya marah or mengintervensi. Nah... waktu saya nikah dulu, gak ada satu bedakpun nempel di pipi, gak mau cukup air wudhu aja insya allah, alhamdulillah diterima periasnya... (terang aja periasnya kakak n adik sendiri) begitu juga dengan istri alhamdulillah gak teralu tebal, gak pake cukur-cukuran alis, konde-kondean de el el.
 
Nah... so buat yang mau nikah, membangun kemandirian, merencanakan dan mensosialisasikan seperti apa pesta pernikahan syar'i ke keluarga menjadi keharusan agar idealisme dan mimpi menjadi nyata, begitu juga memilih-milih wedding service... cari-carilah wedding service yang bisa mewujudkan konsep pernikahan kita, kalaupun sulit mendapatkannya, setidaknya cari yang mudah di ajak kerjasama.
 
Lala Salon solusi Paket Pernikahan Islami, wedding service yang siap melayani idealisme dan mimpi hadirnya resepsi pernikahan yang islami, seperti adanya hijab (pemisah) antara tamu ikhwan (laki-laki) dan akhwat (perempuan), rias pengantin akhwat yang syar'i tapi tetap cantik dan anggun, gaun/gamis pengantin syar'i, dan lain-lain.
-------------------------------------------------------
Muhammad Ilham, owner lalasalon.com

10 Kiat Merencanakan Pernikahan

Pernikahan itu bak pintu gerbang menuju hidup baru. Untuk mengawali langkah baru tersebut, tentu upacara pernikahan harus direncanakan. Rencana yang matang bisa dianggap jaminan kelancaran hari H. Tapi selain hal-hal besar, jangan lupakan hal-hal kecil.

1.  Jangan merencanakan pernikahan tanpa anggaran. Hal yang paling menyebabkan stres ketika merencanakan perkawinan biasanya adalah uang. Pastikan Anda menentukan seberapa banyak anggaran perkawinan Anda dan siapa saja yang akan menyumbang dan berapa banyak.
2. Jangan mengeluarkan lebih banyak dari anggaran yang Anda tetapkan atau dari yang Anda mampu bayar. Hari perkawinan Anda adalah hari yang penting – tapi ini cuma SATU hari. Anda tentu tidak ingin memulai hidup baru dengan hutang dan terpaksa harus mencicil hutang itu selama lima tahun ke depan, kan?
3. Jangan percaya begitu saja pada ucapan penyedia jasa perkawinan (catering, atau perias pengantin). Buatlah perjanjian atau rencana yang tertulis.
4. Jangan coba-coba melakukan segalanya sendirian. Merencanakan pernikahan bisa jadi merupakan pekerjaan penuh-waktu. Jadi, jangan coba-coba mengerjakannya sendirian –mintalah bantuan orang lain. Kalau soal perkawinan setiap orang senang membantu (jadi biarkan mereka senang dan pikiran Anda jadi ringan).
5. Jangan memaksakan kehendak dan keinginan Anda sendiri. Kompromilah untuk hal-hal yang tidak terlalu penting.
6. Jangan terlalu hemat untuk fotografi. Hari pernikahan Anda akan berlalu dengan cepat dan setelah hari berakhir, yang tersisa hanyalah kenangan dan foto-foto Anda.
7. Jangan terlalu mengurusi hal yang detil. Anda bisa kehilangan kesenangan dalam proses perencanaan perkawinan. Maksudnya begini, apakah benar-benar jadi masalah bila pita penghias meja makan berwarna merah muda atau merah jambu?
8. Jangan lupa berterima kasih kepada semua orang yang terlibat dalam proses persiapan pernikahan Anda dan semua yang memberi Anda hadiah. Dan, jangan samapai ucapan terima kasih Anda basi. Segera kirimkan mereka kartu atau note ucapan terima kasih setelah Anda menerima hadiah.
9. Jangan membebani diri Anda dengan banyak pekerjaan sehari sebelum pernikahan Anda. Lakukan hanya satu atau dua tugas yang ringan dan cobalah untuk bersantai dan menenangkan diri Anda.
10. Jangan mengharapkan upacara pernikahan yang sempurna. Anda bisa mengharapkan hari yang luar biasa dan hal-hal yang masuk akal. Jangan lupa, tujuan utama Anda adalah menikah

Wedding Check List

TEMPAT
[] Tempat akad
[] Tempat resepsi (Gedung/Rumah)
DEKORASI
[] Dekorasi tempat upacara pernikahan
[] Dekorasi pelaminan
[ ] Dekorasi rumah
MAKANAN
[] Catering akad/Snack
[] Catering resepsi
[] Catering di rumah
BUSANA dan RIAS PENGANTIN
[] Rias dan Busana akad mempelai wanita
[] Rias dan Busana akad mempelai pria
[] Rias dan Busana resepsi mempelai wanita
[] Rias dan Busana resepsi mempelai pria
[] Rias dan Busana Keluarga mempelai wanita
[] Rias dan Busana Keluarga mempelai pria
[] Rias dan Busana Penerima tamu
[] Rias dan Busana Pagar ayu
MOBIL PENGANTIN
[ ] Mobil mempelai
[ ] Transportasi keluarga wanita
[ ] Transportasi keluarga pria
[ ] Perijinan, keamanan dan parkir tamu
DOKUMENTASI
[] Photo prewedding
[] Photo liputan
[ ] Video liputan
KARTU UNDANGAN
[] Kartu undangan
[] Kartu ucapan terima kasih
[ ] Kartu RSVP
[] Amplop plastik
[ ] Label stiker nama
[ ] List tamu undangan dan print
SOUVENIR
[] Souvenir + packaging
ENTERTAIN
[] MC upacara pernikahan
[] MC resepsi
[] Music / Wedding Singer upacara perni>
[ ] Galeri foto (prewedding)
[ ] Stand foto + Foto
[ kahan
[] Music / Wedding Singer resepsi
[] Sound system upacara pernikahan
[] Sound system resepsi
PENDUKUNG ACARA ] Meja display
[ ] Album foto / Bingkai foto
CATATAN SIPIL
[ ] Catatan Sipil/Administrasi KUA
[ ] Surat Keterangan Numpang Nikah Kelurahan
LAIN-LAIN
[] Cincin Kawin
[] Buku tamu
[] Alat tulis
[] Kotak angpau
[] Tempat souvenir

TIM PENDUKUNG
[] Koordinator lapangan
[ ] Checker jumlah piring catering
[ ] Pagar ayu / bagus
[ ] Bridesmaid dan Bestman
[] Penerima tamu
[] Penerima angpau
[] Pembawa cincin

Persiapan Pernikahan

Buat yang sudah menikah tentu tau banget ribetnya mempersiapkan pernikahan, mulai dari proses pertemuan keluarga, khitbah/lamaran, urusan ke administrasi mulai dari RT, RW, Kelurahan sampai dengan ke KUA, cari-cari jasa wedding atau jasa penyedia paket pernikahan mulai dari rias pengantin, dekorasi pelaminan, catering dan lain-lain, mempersiapkan undangan sampai nyebar undangan dan terus sampai ke acara resepsi bakal bikin kamu pusing kalau kamu ngerjain semuanya sendirian. So... buat kamu yang baru akan menikah jangan lupa untuk buat perencanaannya, agar kamu bisa membagi-bagi pekerjaan yang bisa dipersiapkan oleh orang lain. Setidak-tidaknya hal yang harus kamu persiapkan dari sekarang di antaranya:

Mencari informasi penyedia jasa paket pernikahan, mulai dari dekorasi, rias pengantin, tempat atau gedung, catering dan lain-lain. Kamu bisa cari-cari di internet tanya aja sama ustadz google, pastinya ustadz google akan ngasih banyak refferensi sama kamu, jika sudah kamu bisa tanya-tanya setidaknya kamu bisa buat perbandingan kalau nanti ternyata kamu pakai jasa wedding kenalan orang tua kamu, sayang kan kalau ternyata ada yang lebih murah n berkualitas.
Buat list budget pernikahanmu, jangan paksakan keinginan jika budget tidak mumpuni. Dengan membuat budget di awal kamu bisa disiplin anggaran. Setidaknya kamu bisa memprioritaskan item mana yang kamu inginkan menjadi item yang berharga, misalkan dokumentasi pernikahan coz setelah pernikahan hanya ini yang bisa kamu nikmati untuk kamu kenang-kenang, kalau makanannya kan gak mungkin karena sudah habis.
Cari informasi pengurusan administrasi pernikahan ke KUA, misalkan persiapan laki-laki yang harus membuat surat numpang nikah, kecuali kalau kamu nikah sama calon yang satu RT sama kamu, dan persiapan lain seperti foto ukuran 2x3, 3x4 dan lain-lain yang harus kamu persiapkan
Buat List Persiapan Pernikahan kamu, misalkan kamu buat judulnya "My Wedding Plan" mulai dari listing gedung, listing dekorasi, administrasi, penghulu, wali nikah, panitia, gaun pengantin, seragam keluarga, dan lain-lain sampai ke roundown acara akad dan resepsi.

Tips Merencanakan Wedding Minim Budget

Menghadirkan yang terbaik sebagai moment tak terlupakan merupakan impian setiap calon pengantin. Sayangnya setiap mimpi belum tentu terwujud dan biasanya dikarenakan dana yang terbatas. Lalu bagaimana ya caranya merencanakan pesta pernikahan tak terlupakan, indah, seru dan menyenangkan meski dengan dana minim?
Yuk intip tips berikut..

  1. Tentukankan budget yang anda dan pasangan miliki agar pernikahan tetap berkesan, meski dengan dana yang minim. Anda dan pasangan bisa tetap tampil sempurna di hari pernikahan nanti.
  2. Tekankan dulu pada diri sendiri dan pasangan, bahwa ini bukan yang utama dari tujuan kalian. Yang terpenting adalah kehidupan setelah pesta pernikahan. Cobalah berpikir bahwa, setelah menyelenggarakan pesta pernikahan, masih ada hari esok untuk kehidupan anda berdua. Bahkan hal terpenting kedua untuk dana yang perlu dipersiapkan adalah dana pasca pesta pernikahan, misal untuk bulan madu dan lain-lain.
  3. Samakan visi dengan pasangan, konsep pesta pernikahan seperti apa yang ingin dihadirkan apakah di rumah, di gedung atau menginginkan konsep lain yang tidak umum dan unik dengan konsep pernikahan garden party, private party yang sederhana tapi lebih elegan dan berkesan di tempat-tempat yang tidak biasa.
  4. Jika sudah menyamakan visi, untuk menekan pengeluaran, cobalah gunakan sistem paket. Banyak sekali jasa wedding service yang menawarkan paket pernikahan. Anda bisa melakukan pencarian di internet untuk jasa wedding yang terbaik bagi budget anda. Tidak ada salahnya menggunakan jasa wedding service yang memberikan pelayanan lain seperti dekorasi, make up dan dokumentasi. Dengan cara ini akan jauh mengurangi pengeluaran dibandingkan bila memilih satu persatu. Tapi semua itu tergantung pada ketersediaan dana, jadi anda bisa memilih vendor tertentu yang lebih murah dan berkualitas.
  5. Saat membeli seragam panitia, seragam keluarga dan bahan untuk baju pengantin (akad or pemberkatan), sebaiknya dilakukan di bulan Maret – Juni. Karena berdasarkan survey, biasanya toko-toko kain menurunkan harga di bulan-bulan tersebut. Jangan pernah membeli bahan pada saat menjelang hari besar, karena harganya akan lebih tinggi. Bisa juga meminta jasa wedding service untuk membelikan bahan dan menjahitkan sekaligus, jasa wedding lala salon melayani jasa pembuatan seragam panitia dan keluarga dengan harga yang sangat murah, ini dikarenakan kami sudah berlangganan dengan toko bahan untuk pembuatan gaun dan busana pengantin, tentunya akan berbeda harga yang diberikan dengan individu.
  6. Bahan baju pengantin biasanya menggunakan bahan perancis. Tapi kalau memang terlalu mahal, anda bisa memilih brokat yang halus dengan harga yang relatif murah. Tapi anda bisa juga memilih brokat Jepang dengan harga yang cukup murah. Agar busana untuk seragam keluarga dan pengantin terlihat sempurna, anda harus pintar memilih penjahit yang ahli memasang payet.
  7. Untuk souvernir, anda bisa mencari di pasar-pasar tradisional yang memang harganya cukup variatif. Pasar souvenir yang sangat terkenal yakni pasar pagi. Tapi jika anda tidak ingin repot bisa pesan kepada kami dengan selisih harga yang sangat kecil,  asyik kan!?
  8. Undangan bisa bertanya kepada teman, kerabat atau keluarga terdekat, di tempat mana yang murah. Memang harganya sangat bervariatif, tergantung bahan, model dan kertas yang anda pilih. Kisaran harga undangan mulai dari seribu sampai tiga puluh lima ribu per undangan
  9. Yang penting, nikmati masa-masa persiapan ini dan perbanyaklah untuk mensurvei harga serta tempat. Jangan pernah minder bila tidak bisa merayakannya secara besar-besaran, karena yang terpenting adalah tujuan dari pernikahan itu sendiri.
  10. Jangan terlalu berhemat untuk foto wedding, karena pasca resepsi hanya ini yang tersisa untuk dikenang
Copyright © 2014 Lala Salon Wedding Organizer & Wedding Service
Pusat: Jl. Rawa Simprug 6 No.22 Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
Cabang: Jl. SDN 01 Pondok Rangon, Cipayung, Jakarta Timur
supported by indobusana hosted by idehoster